Tips Hadapi Suhu Panas di Musim Haji 2018

Pelaksanaan haji 2018 ini bertepatan dengan musim panas di Saudi Arabia. Diperkirakan suhu bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celcius. Kondisi ini tentu sangat terasa panas khususnya bagi jamaah asal Indonesia yang tidak pernah merasakan suhu tersebut.

Oleh karena itu, jamaah haji perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Fisik harus dijaga agar bugar sejak sebelum keberangkatan. Makanan bergizi hendaknya menjadi konsumsi sehari-hari. Ada baiknya, tubuh dibiasakan berjalan kaki, dalam cuaca panas.

Nah, bagaimana menghadapi cuaca yang sangat panas di Saudi? Berikut tips-tips yang bisa dilakukan:

1. Perbanyak minum
Cuaca panas berkaitan dengan penguapan dari tubuh kita. Jika dibiarkan, tubuh bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan air. Makanya, kondisi ini harus diimbangi dengan banyak minum. Tersedia zamzam di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram. Sempatkan sejenak minum setiap ke masjid sambil berdoa apa saja yang diinginkan, termasuk doa agar terjaga dari panas terik matahari.

2. Konsumsi buah
Buah-buahan merupakan sumber energi dan air yang baik. Jangan pelit untuk membelanjakan uang Anda untuk membeli buah. Di pasar-pasar kaget banyak penjual buah. Di hotel pun tersedia buah. Konsumsi buah yang cukup, bahkan bisa lebih dari kebiasaan agar tubuh tetap fit.

3. Gunakan payung
Saat Anda berangkat dan pulang ke masjid, selalu gunakan payung untuk menahan teriknya matahari. Bagus jika Anda sudah bawa payung dari Indonesia. Boleh pakai topi dan penutup kepala yang lain selama Anda tidak dalam kondisi memakai ihram.

4. Sediakan handuk kecil dan semprotan air
Dalam kondisi panas, ada baiknya Anda menyemprot wajah Anda dengan air. Ini untuk mengurangi rasa panas. Sedangkan handuk kecil untuk mengelap keringat yang bercucuran dan air yang habis disemprotkan jika kebanyakan.

5. Pakai kacamata hitam
Dalam terik matahari, mata kita akan silau dibuatnya. Maka untuk mencegah itu, pakai kacamata hitam ketika keluar dari hotel/penginapan.

Selain itu, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter Anda, baik yang di kloter atau yang ada di sana bila mengalami gejala sakit, apalagi yang diakibatkan dehidrasi agar Anda segera mendapatkan pertolongan.
Selamat berhaji. [] Syahara Umroh



Leave a Reply

four × 4 =