Sisi Lain Umroh yang Jarang Diungkap!

Umroh kini bukan suatu yang WAH lagi. Saking mudahnya orang ke Tanah Suci, banyak orang yang menjadikan umroh seolah seperti WISATA RELIGI. Tiap tahun umroh. Tak ubahnya wisata ke tempat lain. Yang membedakan hanya destinasinya saja, Tanah Suci gitu lho…..

Sudah begitu, pihak kerajaan Arab Saudi terus memanjakan para jamaah umroh dengan berbagai fasilitas. Mulai dari hotel yang mewah, bahkan super mewah, restoran kelas dunia, mal-mal super lengkap, hingga transportasi kelas atas. Sehingga, tak jarang orang umroh berlomba-lomba membanggakan diri dengan fasilitas yang mereka dapatkan ketika di Kota Suci. Eh hotelmu apa? Sudah ke mal ini? Dan sebagainya. Perang gengsi.

Namun, jarang yang kemudian memetik sesuatu di balik pelaksanaan umroh itu sendiri. Ini bisa dilihat dari dampak umroh dan juga haji setelah kembali ke Tanah Air. Perilakunya ya begitu-begitu saja. Tak banyak perubahan.

Padahal, banyak sisi yang bila diketahui oleh jamaah saat di Tanah Suci akan berdampak luar biasa pada diri jamaah. Apa itu? Sisi perjuangan dan sejarah Nabi SAW dan para sahabat. Sangat jarang ini dikupas oleh para pembimbing umroh/haji. Kalau pun ada, sangat minim.

Di dua Kota Suci inilah, sejarah Rasul berlangsung. Bahkan makam Nabi dan para sahabat berada. Tempat perjuangan Nabi membela Islam masih ada. Bila semua itu didalami satu demi satu, tak cukup waktu untuk menceritakannya. Dan banyak hal luar biasa dan bisa menjadi pembelajaran bagi siapapun yang datang ke sana.

Sejarah Nabi SAW seakan bisa hidup kembali. Bayangan perjuangan Nabi menyebarkan Islam mulai dari Makkah hingga ke Madinah bisa tergambar secara rinci. Demikian juga perjuangan para sahabat yang menyertainya.

Maka, siapapun yang menyusuri jejak perjuangan Nabi SAW akan merasakan getaran perjuangan itu secara langsung dan akan memotivasi hidup orang Islam di masa sekarang. Perjalanan umroh dengan pendalaman sirah ini akan menjadi sarana kontemplasi sejauh mana kaum Muslim telah menjadi seorang Muslim sebagai pribadi dan pelanjut risalah Nabi SAW. Layakkah mereka akan mendapat syafaat dari Nabi dengan gaya hidup seperti sekarang? Apakah umroh/haji mereka mabrur kalau risalah Nabi tak diperjuangkan? Dan masih banyak lagi pertanyaan.

Ini sisi yang lepas dari pelaksanaan umroh dan haji. Sisi yang justru akan memberi tenaga positif bagi kebaikan umat ini.

Anda ingin mendapatkannya? Insyaallah kami siap dampingi Anda menggapai umroh penuh makna. []



Leave a Reply

4 × 4 =