Antri Paspor Gampang: Aplikasi ‘Antrian Paspor’ atau WA

Para pemohon paspor kini tak perlu berdesak-desakan di kantor imigrasi untuk berebut masuk. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan inovasi untuk mempermudah pelayanan paspor bagi masyarakat. Kini antrian permohonan paspor bisa diakses menggunakan aplikasi ‘Antrian Paspor’ dan Whatsapp (WA). Jadi sebelum Anda datang ke imigrasi, pastikan Anda mendapatkan nomor antrian dulu.

Sayangnya, kantor imigrasi yang menggunakaan aplikasi ‘Antrian Paspor’ di GooglePlay ini masih sangat terbatas. Silakan Anda cek setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, karena ada kemungkinan kantor imigrasi yang sudah terkoneksi bertambah.

Selebihnya, kantor imigrasi menggunakan antrian melalui aplikasi Whatsapp (WA), yang sudah sangat dikenal di masyarakat. Hanya saja, Anda harus tahu nomor yang dipakai oleh kantor imigrasi tempat Anda akan mengajukan permohonan paspor. Soalnya, nomor WA setiap kantor tersebut berbeda-beda.

Adapun cara penggunaan pesan singkat tersebut, warga yang hendak mendaftar antrian mengirim sejumlah data seperti nama disertai tanda tagar (#), tanggal lahir dengan format ddmmyyyy (dd:tanggal, mm:bulan, yyyy:tahun), dan tanggal antrian. Nanti, pihak imigrasi akan membalas permintaan antrian Anda, apakah tersedia pada tanggal tersebut atau sudah penuh sehingga harus mengantri di hari lain.

Dengan adanya sistem antrian yang baru ini, ada kepastian kedatangan dan layanan. Di kantor imigrasi juga tak lagi terlihat orang berjubel-jubel karena semua sudah terjadwal. Untuk lebih jelas, hubungi kantor imigrasi tujuan Anda. []



Leave a Reply

fourteen + eight =